Sembilan Ide Bisnis yang Cocok untuk Start Up Tahun 2019

Wanita dan Era Bisnis Digital
October 22, 2019

Setiap tahun startups.co.uk merilis ide-ide bisnis inspiratif untuk pebisnis pemula. Dari wawancara eksklusif dengan para pemula dan pakar industri hingga penelitian ekstensif yang melihat semua tren industri saat ini, mengeluarkan daftar bisnis yang menjanjikan peluang manis di tahun 2019. Apa saja jenis bisnisnya, cek 9 daftarnya berikut ini.

1/ Makanan nabati
Tahun 2019 diprediksi akan semakin banyak orang yang mengatur pola makan mereka. Prinsip makan vegan yang mengutamakan sumber makanan nabati akan semakin disukai. Konsumsi makanan hijau akan menjadi tren utama di berbagai negara, termasuk Asia. Bahan makanan yang berasal dari aneka ragam tumbuhan pun bermunculan kembali. Jika dahulu tumbuhan tersebut tidak banyak dimanfaatkan, kini trennya justru semakin disukai. Coba lihat kembali pekarangan rumah Anda, adakah tumbuhan yang dahulu kita konsumsi tapi kini mulai ditinggalkan? Jika memang berkhasiat dan rasanya enak. Ini bisa jadi peluang bisnis untuk Anda kembangkan.

2/ Alternatif plastik
Beberapa tahun belakangan masalah sampah plastik sudah menjadi perhatian dunia. Berbagai langkah pun dilakukan untuk mengurangi sampah plastik yang dipercaya merusak kehidupan hewan di laut bebas. Perang melawan plastik sekali pakai pun digalakkan dimana-mana. Jadi apakah itu mengembangkan alternatif daur ulang untuk produk plastik (seperti botol air minum) atau pendekatan berbasis aplikasi yang lebih cerdas untuk membantu orang mengurangi limbah plastik mereka, tahun 2019 adalah tahun untuk memikirkan kembali apa yang bisa kita lakukan dengan plastik atau mencari inovasi baru yang bisa menggantikan fungsi plastik, namun tetap ramah lingkungan.

3/ Living with less
Sejak Airbnb berdiri, sepuluh tahun lalu, tren ekonomi berbagi global terus tumbuh dan berkembang. Hal ini memberi konsumen peluang untuk berbagi dalam hampir semua hal yang bisa dibayangkan. Kini, didorong oleh tren minimalis yang semakin meningkat, orang-orang menggunakan ekonomi berbagi untuk meminjam barang-barang yang sebelumnya mereka beli. Termasuk tren living with less yang semakin berkembang , menciptakan komunitas baru yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis.

4/ Customize beauty
Dunia kecantikan terus berkembang, industri ini bahkan diprediksi memiliki pasar yang semakin besar. Mengikuti perkembangan tren bisnis kecantikan tahun lalu yang mengarah ke inclusive beauty, tahun ini insudtri kecantikan berkembang bahkan jauh lebih maju. Konsumen kecantikan kini mencari produk yang dapat disesuaikan untuk setiap individu. Dari sampo dan kondisioner khusus untuk jenis rambut khusus hingga produk perawatan kulit dengan ribuan kemungkinan kombinasi warna hingga aroma. Produk kecantikan yang customize sesuai kebutuhan akan menjadi tren kecantikan nomor satu untuk tahun 2019.

5/ Detoksifikasi digital
Tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun detoksifikasi digital. Ada banyak peluang untuk menghadirkan inovasi yang dapat membantu seseorang mengurangi penggunaan perangkat digital mereka. Perusahaan besar seperti Apple dan Google sudah mulai memperhatikan kondisi tersebut, salah satunya dengan menciptakan dashboard yang dapat membantu pengguna memantau dan mengelola waktu layar mereka. Sementara perusahaan lain menciptakan tempat berlibur untuk membantu orang diet gadget. Apakah Anda memiliki ide yang menarik untuk hal ini?

6/ Dari Macrame hingga Kintsugi
Jika Anda mencari ide bisnis berbasis interior atau kerajinan, ada banyak tren dan peluang yang bisa Anda manfaatkan. Booming tanaman hias akan terus berlanjut. Semangat orang untuk menghadirkan lahan hijau di rumah mereka membuat bisnis ini bergulir dan tetap seksi. Termasuk tren kerajinan tahun 70-an berupa gantungan pot tanaman yang dikenal dengan sebutan macramé.

Selain itu, gaya interior minimalis skandinavia tahun ini diprediksi akan digantikan oleh bentuk seni dan filosofi Kintsugi dari abad ke-15 di Jepang. Prinsip Kintsugi adalah membuat benda-benda yang rusak menjadi indah. Tak bisa dipungkiri, siklus ekonomi melingkar menjadi semakin penting.

7/ Produk anak inklusif semakin diminati
Laporan Reflecting Realities yang diterbitkan oleh Centre for Literacy in Primary Education menemukan bahwa hanya 1% dari buku anak-anak di Inggris yang memiliki karakter yang menggambarkan berbagai etnis berbeda. Termasuk pasar mainan yang monoton dan menjadi sangat tidak beragam. Perubahan akan terjadi di tahun ini, pasar akan mengingkan produk untuk anak yang bias mewakili keberagaman di kehidupan. Jadi, mainan edukasi yang mendorong anak untuk mengenal lebih jauh soal keberagaman di lingkungannya kian diminati.

8/ Perawatan hewan peliharaan mewah
Bisnis hewan peliharaan akan terus berkembang, dan tahun ini diprediksi akan semakin besar karena semakin banyak rumah tangga yang ingin memiliki hewan peliharaan. Jenis hewannya pun beragam. Uniknya, para pecinta binatang ini rela menghabiskan uang mereka untuk memanjakan peliharaannya. Itu sebabnya, tempat perawatan hewan peliharaan yang mewah merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain tempat perawatan, tempat penitipan juga akan banyak dicari, karena mobilitas orang kini semakin tinggi.

9/ Aplikasi kesehatan pribadi
Aplikasi smartphone untuk perawatan kesehatan memberi orang kekuatan untuk mengendalikan kesehatan mereka, tanpa perlu pergi ke dokter. Di Inggris, pasar aplikasi medis seluler diperkirakan bernilai $ 11,2 miliar pada tahun 2025. Di Indonesia pasar ini pun terus berkembang. Orang semakin peduli dengan kesehatannya namun tetap menginginkan kemudahan. Layanan konsultasi tanpa tatap muka dipercaya akan terus berkembang.

Sumber : https://www.wanitawirausaha.com/article/kewirausahaan/9-ide-bisnis-ini-cocok-untuk-start-up-di-tahun-2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *